Hari ini :
You are not log in? >> Please Login

Bulan Baru Planet Saturnus



Planet Saturnus adalah planet ke-enam di galaksi Bima Sakti dan memiliki banyak sekali bulan. Baru-baru ini para ilmuwan menemukan bulan baru planet Saturnus yang tersembunyi di salah satu cincin terluar planet tersebut. Bulan yang lebarnya sekitar 500 meter tersebut ditemukan oleh wahana antariksa internasional Cassini.

Para ilmuwan memang sudah lama dibuat penasaran oleh G Saturnus. alah satu lengkungan paling misterius. Kini mereka menduga cincin G itu kemungkinan besar terbentuk dari pecahan beku yang menyebar ke berbagai arah ketika meteorit menabrak bulan yang baru ditemukan tersebut. Saturnus memiliki lebih dari 60 bulan, 52 di antaranya telah memiliki nama.

Planet ke-enam dari sistem tata surya Galaksi Bima Sakti ini sangat unik. Saturnus memiliki cincin-cincin yang mengitarinya. Cincin tersebut terbuat dari potongan jutaan es yang mengelilingi planet tersebut. Saturnus adalah planet kedua terbesar di tata surya. Diameternya adalah 120.660 km atau 9 kali diameter bumi. Lama putaran rotasinya adalah 10 jam 14 menit (tercepat kedua setelah Jupiter) sedangkan masa orbitalnya 29.5 tahun.

About this entry

Posting Komentar

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2009